Lovely Roti Bakar

“Sin, temenin gue ngeprint tugas yuk.” Ajak Della.

“Nggak ah males, lagi pewe nih gue nonton anime.” Jawab Sinka.

“Yah, yaudah padahal gue mau sekalian beli roti bakar.” Ledek Della.

“Ah serius? Yaudah yuk.”

“Yee dasar gembul.” Ledek Della.

            Sinka Juliani, gadis berusia 19 tahun ini memang sangat menyukai makanan roti bakar. Entah itu roti bakar dengan coklat, keju, meses, atau coklat keju. Apapun rasanya ia pasti sangat menyukai makanan sederhana tapi nikmat ini. Sinka Juliani sekarang tinggal terpisah dengan kedua kakaknya dan juga kedua orangtuanya. Sinka kuliah didaerah pinggiran Jakarta Selatan & Tangerang, sementara kedua kakaknya dan juga kedua orangtuanya tinggal jauh di daerah Bekasi. Karena itulah Sinka memutuskan untuk kost didekat kampusnya.
            Sinka nge-kost bersama dengan teman 1 kelasnya, yaitu Della Delila. Sudah 2 semester ini 2 sahabat tersebut selalu bersama. Mulai dari memilih jurusan, sampai memilih kelompok kelas.


“Sin, bangun! Jam berapa ini buset nanti telat diomelin pak Edward!” Kata Della panik setelah melihat jam yang sudah menunjukkan pukul 07.30.

“Ntar dulu ah baru jam segini juga ah elah rese lo ah.” Jawab Sinka sambil menggeliat dikasur.

“Buset udah jam segini dikata ‘baru jam segini’.” Jawab Della sambil membereskan buku-bukunya.

“Mulai jam 8 kan kelasnya? Masih lama, Del.” Jawab Sinka.

“Nih liat jam berapa!” Kata Della sambil menyodorkan jam weker teoat didepan wajah Sinka.

“Anjrit! Mampus gue! Aaah Della kenapa nggak bilang kalau udah setengah 8.” Kata Sinka panik sambil membereskan buku-bukunya juga.

“Bodoamat, Sin daritadi emang gue ngapain aja. Udah y ague duluan, bhay.” Kata Della sambil menggeloyor pergi ke kampus.


“Yah gitu amat ninggalin. Ah udahlah telat deh ini.” Gerutu Sinka sambil buru-buru berangkat tanpa mandi, hanya ganti baju dan memakai minyak wangi saja. Dosen yang bernama Edward ini memang terkenal killer-nya dalam mengajar mata kuliah Kalkulus, jadi tak heran kalau Della dan Sinka panik saat melihat jam.

            Dan benar saja, Sinka pun telat 15 menit. Sesampainya di kelas.

“Heh mau kemana kamu?” Tanya dosen kepada Sinka dengan tegas.

“Mau duduk, pak.” Jawab Sinka tanpa berani menatap mata pak Edward.

“Siapa suruh duduk? Kamu tau telat berapa menit?” Kata pak Edward.

“T-tau pak. Maaf pak saya bangunnya kesiangan.” Jawab Sinka sambil melihat Della yang sedang menertawakan kecil dirinya.

“Nggak ada alas an apapun, sekarang kamu keluar. Nggak boleh masuk kelas saya.” Perintah pak Edward.

            Sinka pun hanya menurutinya saja, sambil mengangguk dan berjalan keluar.

“Haduh sial bener dah, gara-gara semalem nonton drama sama Della jadi kesiangan gini.” Gerutu Sinka sambil duduk lesehan di depan kelas.

            Tak lama kemudian ada 1 murid yang berasal dari pertukaran pelajar.

“Eeeee sorry mau nanya, pak Edward nya udah masuk?” Kata lelaki tersebut.

“Udah, tuh didalem lagi ngajar.” Jawab Sinka dengan nada bête-nya.

“Lu di kelas sini kan? Kenapa nggak masuk?”

“Gue telat 15 menit, makanya nggak boleh masuk.” Jawab Sinka.

“Yah mampus apalagi gua, nggak bakal boleh masuk ini.” Kata lelaki tersebut.

“Lah? Emang lo dikelas sini? Kok gue nggak pernah ngeliat lo, ya?” Kata Sinka.

“Iya gua murid baru, pertukaran pelajar sih sebenernya. Gua Rizal Hamdhani, biasa dipanggil Rizal. Lu?” Kata lelaki tersebut sambil mengulurkan tangan.

“Sinka Juliani, biasa dipanggil Sinka.” Jawab Sinka sambil menyambut jabatan tangan Rizal.

“Jadi…. Kita nunggu disini aja, nih sampai pak Edward selesai ngajar?” Tanya Rizal.

“Yaa mungkin begitu.” Jawab Sinka.

“*krrrruuuuwwwwkkkkk*” Terdengar bunyi perut Sinka yang sedang lapar, karena ia tak sempat sarapan tadi pagi.

“Buset apaan tuh? Lu kentut ya?” Tanya Rizal sambil reflek menutup hidung.

“Ih sembarangan lo, gue laper tau belum sempet sarapan tadi gara-gara ngejar kelas dia nih.” Jawab Sinka sambil menunjuk pak Edward yang sedang mengajar.

“Oh kirain hahaha makan, yuk. Gua juga belum sarapan. Roti bakar diseberang kampus enak nggak, sih?” Tanya Rizal.

“Eh lo suka roti bakar? Wah kebetulan, yuk kesana. Enak lho disana gue sering makan disana.” Kata Sinka langsung mengayokan saja ajakan Rizal.

“Tapi masih lama, kan ini kelarnya?” Tanya Rizal.

“Masih, pak Edward mah demen banget telat-telatin mahasiswanya buat pulang. Udah yuk.” Ajak Sinka sambil menggandeng tangan Rizal.
“Eh sorry sorry.” Kata Sinka karena telah menggandeng tangan Rizal.

“Nggak apa-apa santai aja.”

            Disepanjang perjalanan keseberang kampus pun mereka berdua bersenda gurau, berkenalan lebih dekat untuk jadi teman sekampus. Dan ternyata mereka berdua memiliki kesamaan, yakni sama-sama menyukai roti bakar. Sejak kecil Rizal memang hidup di keluarga yang sederhana, jadi ia juga sangat menyukai makanan-makanan yang sederhana. Roti bakar salah satunya.

“Aduh kenyang deh ini gue.” Kata Sinka.

“Wah iya bener, Sin enak juga roti bakar disini. Selera lu boleh juga ya hehe.” Kata Rizal.

“Iyalah ini makanan favorit gue, jadi gue tau roti bakar dimana aja yang enak hahaha. Ohiya kapan-kapan ikut gue yuk.” Ajak Sinka.

“Kemana?” Tanya Rizal.

“Kita samperin resto roti bakar yang enak-enak didaerah sini. Belum pernah kan lo ngerasain roti bakar didaerah sini? Sumpah enak-enak banget……” Rizal sangat terpesona melihat Sinka bercerita tentang kesenangannya terhadap roti bakar. Sepertinya Rizal sudah mulai suka terhadap Sinka.

“Woy lo denger gak gue cerita apaan?” Kata Sinka mengagetkan Rizal yang sedang melamun.

“Eh iya iya ayo aja gua mah selama itu roti bakar hahaha.” Jawab Rizal.

“Eh udah jam 10, nih. Sebentar lagi kelasnya Edward kelar dan gue harus masuk kelas lagi bareng temen kost­-an. Kita balik ke kampus yuk.” Ajak Sinka sambil melihat jam tangannya.

            Sinka dan Rizal pun kembali ke kampus, dan berpisah di kolam ikan tengah.

“Zal, gue duluan ya. Temen udah nunggu tuh.” Kata Sinka.

“Oh iya gua juga ya mau masuk kelas duluan.” Jawab Rizal.

“Sin, siapa tuh? Cakep juga kearab-araban gitu mukanya hehehe.” Tanya Della.

“Oh itu dia murid pertukaran pelajar dari Univ sebelah, dia tadi sekelas Kalkulus sama kita cuman dia telat juga, yaudah akhirnya gue sama dia sarapan roti bakar deh di depan sama dia.” Kata Sinka.

“Ciee udah dapet gebetan baru aja, nih hahaha.” Ledek Della.

“Ih apaan, sih lo orang baru kenal yee. Tapi emang cakep juga sih hahaha.” Jawab Sinka.

“Yee dasar hahaha eh Sin temenin gue sarapan dulu, yuk laper nih belum sempet sarapan kan tadi.” Ajak Della.

“Ih sorry ya tadi lo ninggalin gue, sekarang gue mau masuk kelas dulu bhay.” Kata Sinka sambil nggeloyor naik ke lift meninggalkan Della.

“Ih ih ih pait bener gue ditinggal.” Gerutu Della sambil menyusul Sinka lewat tangga.

            Jam mereka berdua pun sudah selesai di jam 13.25 mereka pun langsung pulang ke kost-an untuk mandi, karena badan yang sudah lengket.

“Dell, mau ikut gue nggak?” Kata Sinka sambil menganduki rambutnya.

“Ikut kemana? Kapan?” Jawab Della yang masih mandi.

“Gue sama Rizal, cowo yang tadi. Mau keliling nyari roti bakar yang enak-enak di daerah sini. Paling malam Minggu nanti.” Jawab Sinka.

“Ceileh mau jalan, nih ye udah nggak nonton anime lagi malam Minggu hahaha.” Ledek Della.

“Ih sompret lo orang cuman nyari roti bakar doang.” Jawab Sinka.

“Yakan sambil jalan-jalan juga, namanya apa coba kalau bukan jalan? Hahaha.” Kembali ledek Della.

“Ah au ah. Lo mau ikut nggak, nih?” Tanya Sinka.

“Hmm nggak tau, deh eh iya kan ada tugas dari pak Suwanto, lo nggak ngerjain, Sin?” Kata Della.

“Nggak, ah lo aja yang ngerjain. Nanti gue liat deh hahaha.” Jawab Sinka.

“Ih kurangasem lo tinggal enaknya aja.” Gerutu Della.

            Haripun berlalu dengan cepat, dan tibalah malam Minggu. Malam dimana Sinka dan Rizal ingin mencicipi roti bakar terenak didaerahnya.

“Hai, Sin. Wah cantik bener mau makan roti bakar aja hehe.” Kata Rizal yang menemui Sinka di depan kampus.

“Ah bias aja lo. Yuk keburu kemaleman, nih nanti tutup lagi.” Ajak Sinka.

“Yuk, nih helmnya.” Kata Rizal sambil memberikan helm ke Sinka.

            Mereka berdua pun berkeliling sepanjang malam, mulai dari roti bakar dipinggir jalan sampai roti bakar yang berada di restoran ternama. Mereka terus bersenda gurau sambil menikmati malam Minggu dan sambil menikmati nikmatnya roti bakar, makanan kesukaan mereka berdua. Sampai pada akhirnya jam sudah menunjukkan pukul 23.00 Rizal memutuskan untuk memulangkan Sinka karena sudah terlalu larut.

“Huah gimana-gimana. Seru kan, Zal?” Tanya Sinka sambil turun dari motor Rizal.

“Seru banget dan enak-enak parah tau aja tempat roti bakar yang mantap kayak tadi hahaha.” Jawab Rizal.

“Iyalah siapa dulu dong, Sinka haha.”

            Mereka berdua sempat terdiam, terlihat dari raut wajah Rizal yang gelisah sangat ingin mengatakan sesuatu kepada Sinka.

“Sin.”

“Iya, Zal.”

“Ah bodoamat gua mau to the point. Entah lu ngerasa ini terlalu cepet atau bagaimana, iya emang bener kita baru kenal 9 hari yang lalu tapi waktu gue pertama dengerin lu cerita soal roti bakar gua udah ngerasa cocok sama lu. Gua ngerasa klop banget. Mulai dari omongan, makanan kesukaan semuanya kita nyambung. Sin, lu mau jadi pasangan gua?” Tanya Rizal.

“Yaa emang, sih ini terlalu cepet. Cepet banget malahan. Tapi yaa why not.” Jawab Sinka sambil menunduk tersipu malu.

“Jadi lu……?”

            Sinka hanya mengangguk.

“Terima, Sin?”

“Iya.” Jawab Sinka.

“Yaampun, makasih banget, Sin. Aku tau ini terlalu cepet. Tapi aku nggak bakal bikin kamu terlalu cepet pergi. Makasih, Sin. Aku sayang kamu.” Kata Rizal.

“Aku juga.” Jawab Sinka sambil tersenyum malu.

            Mulai dari malam itulah Sinka dan Rizal mulai menjalin hubungan sebagai ‘pacar’. Mereka berdua memang sangat cocok, mulai dari hobi yang suka dengan anime, menggambar, sampai makanan kesukaan pun mereka sama.

            Suatu hari disebuah cafe Sinka dan Rizal sedang asyik memakan roti bakar pesanannya.

“Enak cantik?” Tanya Rizal kepada Sinka yang sedang asyik mengunyah roti bakarnya.

“Enak dong nyam nyaam.” Jawab Sinka dengan mulut penuh roti bakar.

“Makan yang banyak ya biar makin chubby.” Kata Rizal sambil mengelus poni Sinka.

“Nggak mau ah, aku mau diet aja.” Jawab Sinka.

“Yee ngapain, sih diet. Awas aja sampe diet.” Gerutu Rizal.

“Biarinsihhhh.” Jawab Sinka.

“Gaboleh! Sekalinya aku bilang nggak boleh ya nggak boleh. Biar apa coba diet diet? Biar cantik? Kamu kayak gini aja juga udah cantik sayang.” Kata Rizal.

“Ih gombal dah.” Celetuk Sinka.

            Rizal hanya mengiyakan saja apa kata Sinka. Yang terpenting ia tak mau melihat Sinka diet. Karena Rizal menyukai wanita yang apa adanya.

            Haripun sudah berganti hari Senin. Nah disinilah, Rizal ini memang mempunyai sifat yang senang berdebat dalam hal apapun, dan terjadilah miss communication di kelas bersama Sinka.

“Pulang kampus mau beli roti bakar lagi, Sin?” Tanya Rizal sambil duduk disamping Sinka.

“Nggak ah, aku maunya kamu yang bikini.” Kata Sinka.

“Dih aku mana bias bikin roti bakar coba.” Jawab Rizal.

“Makanya belajar, dong.” Ledek Sinka.

“Kamu lah, kamu kan cewek. Masa aku, enak aja.” Jawab Rizal. Mulai dari sini Sinka sedikit jengkel dengan kelakuan Rizal.

“Kamu nyebelin.” Kata Sinka.

“Lho kok jadi aku yang salah? Jadi cewek selalu benar, gitu?” Kata Rizal.

“Tau ah. Kamu nggak pernah baca-baca blog romantic apa? Ada salah satu yang isinya gini ‘Sometimes, I just have to let her win. Because losing argument is easier than losing her’ paham?” Kata Sinka yang sedikit kesal.

“Hahaha iya deh woman is always right.” Kata Rizal meledek.

“Nah gitu kek tumben mau ngalah.” Jawab Sinka yang sudah agak turun kekesalannya.

“Dih, siapa yang ngalah emang?” Kembali jawab Rizal.

“Lah kamu lah barusan.” Kata Sinka.

“Yee kan aku bilang woman is always right. Maksudnya kamu selalu di kanan aku di kiri. Kan emang kayak gitu tempat duduk kita sekarang, nih. Hahaha.” Ledek Rizal.

“Bodo ah aku mau udahan aja.” Kata Sinka sambil manyun.

“Udahan? Apanya? Debatnya?” Tanya Rizal.

“Lah? Aku ini cewek kamu ya bukan lawan debat kamu! Jadi kamu nganggep kita sekarang lagi debat? Hah?!” Kata Sinka yang sudah mulai marah.

“E-engga, Sin apaan deh.” Jawab Rizal.

“Debat aja tuh sama bangku!” Kata Sinka sambil berjalan meninggalkan Rizal dikelas.

“Lho eh, Sin… Yah dia ngambek kan ah.” Kata Rizal.

            Rizal pun mencari-cari Sinka yang pergi entah kemana, tapi ia tak juga menemukannya. Berhubung setelah ini Sinka dan Rizal ada kelas bersama lagi, jadi akhirnya Rizal menunggu di kelas saja.

            Jam sudah menunjukkan pukul 10.25 15 menit lagi kelas akan dimulai tapi Sinka tak kunjung datang ke kelas. Biasanya ia murid paling awal datang ke kelas. Rizal mulai khawatir akhirnya ia memutuskan untuk meninggalkan kelas dan kembali mencari Sinka. Sampailah ia di taman tengah yang disana terdapat kolam yang lumayan dalam. Rizal melihat banyak orang berkerumun mengelilingi kolam tersebut. Akhirnya Rizal pun menghampiri dan menanyakan kepada orang yang berkerumun tersebut.

“Eh ada apaan, sih?” Tanya Rizal kepada salah satu mahasiswa yang berada disitu.

“Itu ada yang tenggelam, kayaknya dari jam istirahat tadi deh.” Jawab mahasiswa tersebut.

“Hah? Siapa?” Kata Rizal sambil menyelonong untuk melihat siapa yang tenggelam.

            Dan ternyata orang itu adalah Sinka, tak lain dan tak bukan pacar Rizal sendiri.

“Astaghfirullah aladzim Sinka!” Rizal sontak langsung masuk kedalam kolam tersebut dan langsung mengangkat kekasihnya itu ke pinggir kolam. Tiba-tiba jantung Rizal terasa sangat sakit, dengan berjalan terseok-seok Rizal menggotong kekasihnya tersebut ke UKS. Ia mencoba menghubungi anak PMR, namun sialnya PMR sedang bertugas keluar kota. Jadi mau tidak mau Rizal langsung membawa Sinka kerumah sakit menggunakan mobilnya.

            Sinka sempat tak sadarkan diri beberapa hari, sampai akhirnya Sinka sadar dan ia melihat sosok sahabatnya, Della berada di sampingnya.

“Sin! Ya Tuhan untung aja lo selamet, sumpah gue takut banget kehilangan lo, Sin. Terimakasih Tuhan ini berhasil.” Kata Della sambil menangis tersedu-sedu.

“Del, gue dimana?” Kata Sinka yang masih setengah sadar.

“Lo dirumah sakit, Sin. Beberapa hari yang lalu lo tenggelam di taman tengah. Dan Rizal nolongin lo, sampai sekarang.” Jelas Della.

“Terus Rizal mana?” Tanya Sinka.

            Della hanya bias menangis saat Sinka bertanya seperti itu. Sinka yang terlihat bingung pun semakin penasaran ada apa dengan Rizal.

“Del, Rizal mana?” Kembali Sinka menanyakan keberadaan Rizal.

            Della tanpa berkata-kata langsung memberikan sepucuk surat untuk Sinka yang ternyata surat itu dari Rizal. Kurang lebih surat itu berisi seperti ini:

“Dear my roti bakar lovers. Maafin aku sayang aku nggak pamit dulu, pas aku kesana kamu belum sadar. Maafin aku juga atas adu argument ku terakhir kali itu. Itu kekurangan aku sejak aku mendapat kekerasan dari ayahku. Maaf juga aku nggak pernah bilang kalau aku ada lemah jantung. Aku nggak rela roti bakar kesayanganku, kamu murung walau sedetik. Jaga baik-baik ya paru-paru aku yang ada di kamu sekarang. Jangan main deket kolam lagi, kamu kan pernah cerita kalau kamu nggak bias renang. Tanya mamaku ya alamat peristirahatan aku yang terakhir. Kesini aja kalau kamu lagi sedih atau kesal. Aku akan selalu dengerin curhatan kamu, aku akan selalu ada buat kamu, Sinka.”

“Sin, kata dokter paru-paru lo udah susah buat berfungsi karena terlalu banyak menghisap air, udah nggak ada ruang buat udara. Begitu denger berita ini Rizal langsung bikin surat ini dan dititipin ke gue. Gue sempet nyegah dia buat ngelakuin ini. Gue sempet bilang biar gue aja yang donasiin paru-paru gue. Tapi Rizal nggak mau, Rizal tetep kekeh ngasih paru-parunya ke lo. Pesan dia cuman 1, dia bakal ada terus disamping lo selama lo makan roti bakar.” Jelas Della sambil meneteskan air mata.

            Sinka yang terharu, sedih, bingung, kesal bercampur aduk semua perasaannya. Disitu ia menangis sejadi-jadinya. Ia masih tidak percaya semua ini berkat kekasihnya, Rizal.

“Del, gue mau lo anter gue kerumah Rizal sekarang juga.” Kata Sinka sambil menangis tersedu-sedu.

“Tapi, Sin lo belum boleh pulang kata dokter.” Jelas Della.

“Anter gue kesana sekarang! Atau gue akan berangkat sendiri!”

“Oke oke gue bakal minta tolong suster dulu.”

            Setelah Della berdebat begitu lama dengan suster untuk meminta Sinka boleh pulang, akhirnya dokter dan suster pun mengizinkan tetapi dengan syarat harus ada rawat jalan. Sinka dan Della pun menyetujuinya.

            Sinka dan Della sampailah dirumah mendiang kekasih Sinka, Rizal.

“Tante.” Begitu sampai, Sinka langsung menangis dan memeluk ibunda Rizal. Sontak ibunda Rizal pun ikut kembali merasakan kesedihan yang mendalam.

“Tante maafin aku, aku nggak bermaksud ini ke Rizal.” Kata Sinka sambil menangis tersedu-sedu. Sinka sangat amat kehilangan sosok kekasihnya itu.

“Iya, Sin tante ngerti ini semua sudah kehendak Allah SWT, tante sempat melarangnya tapi Rizal tetep kekeh ingin membuat kamu hidup. Tante nggak menyesal dengan keputusan Rizal. Dia anak yang baik.” Jelas ibunda Rizal sambil menangis.

“Tante bisa ajak aku ke makam Rizal?” Tanya Sinka sambil mengusap air matanya. Ibunda Rizal mengangguk tanda ia  menyetujui untuk mengunjungi rumah terakhir anak kesayangannya itu.

            Sesampainya di makam Rizal, Sinka justru semakin menjadi-jadi. Ia terus menangisi kepergian kekasihnya.

“Sin udah, Rizal udah tenang disana. Dia meninggal dengan cara yang terhormat. Dia anak yang baik, Sin.” Jelas Della kepada Sinka yang tak henti-hentinya memeluk batu nisan bertuliskan Rizal Hamdhani itu.


TAMAT.
Created by: @Kentun666 (Fitriyanto)
16 Juni 2015

0 komentar:

Posting Komentar