OJOL: Membantu Atau Arogan ?

Woops. Sudah lama nggak nulis di sini. Kesibukan kampus memaksa waktu buat memenuhi kebutuhan kampus terus. Yah langsung ke intinya aja, kayak apa yang ada di judul post gue kali ini. Ini bukan fanfict, cuma keluh kesah yang di mana keseharian gue sebagai biker. Jadi gini, beberapa hari ini gue ngerasain kejadian kurang enak sama ojol, dan kejadian ini nggak cuman sekali dua kali sampai akhirnya gue memutuskan buat nulis di sini karena gue udah gerah banget sama kelakuan mereka (dibaca: ojol). Ya, mereka juga ngebantu. Sangat ngebantu. Gue 80% belanja online lebih milih diantar sama ojol ketimbang kurir biasa karena berbagai alasan, contohnya: cepat, lebih aman, lebih jelas tracking nya, dll. Tapi di satu sisi keresahan gue sebagai seorang biker ada juga, yaitu ojol yang arogan. Contohnya? Banyak. Diantaranya:
- Nelpon di tengah jalan (biasanya diselipin di dalam helm)
- Kalau ketemu temen di tengah jalan suka ngobrol seenaknya
- Rata-rata pengendara ga dilengkapi sama surat-surat (berdasarkan pengalaman)
- Arogan merasa punya banyak bekingan

Nah point yang terakhir ini yang bikin gue gondok sebagai biker. Udah sering banget gue hampir ribut sama ojol, salah satunya ngelawan arus, ketika gue tegur baik-baik malah galakan dia, ngomel-ngomel, teriak-teriak biar semua temen ojolnya liat. Kejadian ini sering banget gue alami di Cipulir, ya nggak cuman ojol sih motor biasa pun juga banyak yang ngelawan arus di sana. Yang kedua nerobos lampu merah, ini kejadian gue alami barusan banget pas gue pulang dari kampus. Jadi ini lokasi kejadian ada di lampu merah perempatan Panglima Polim, di situ posisi gue udah lampu hijau dan udah banyak kendaraan yang jalan, pas giliran gue jalan ada ojol nerobos, sontak gue geber dengan maksud mengingatkan, dan kalian tau apa yang ojol itu lakukan? Dia malah makin ngegas sambil melotot ngeliatin gue, gue yang sempat kesal berhenti sebentar buat bermaksud muter balik dan ngejar itu ojol, cuman karena gue mikir "Dia arogan, bekingan temen ojolnya banyak. Biarpun gue yang posisi benar tetep aja gue kalah jumlah" dan akhirnya gue putuskan untuk lanjut jalan. Gue paham keadaan orang di jalanan itu beda-beda, mungkin tarikannya seret, mungkin dicancel terus, mungkin diomel-omelin cust suruh buru-buru, mungkin juga di rumah lagi ada masalah. Gue paham, dan emangnya gue ga ada masalah juga? Kalau memang lagi ada masalah selesaikan, bukan lari. Kalau lo lari dari masalah lihat siapa yang jadi korban? Banyak pihak. Tolonglah untuk para PT-PT ojol di luar sana (gue ga mau nyebutin salah satu pihak, intinya ini untuk semua) saring lagi kalau mau cari driver, jangan asal bisa ngegas terus lo terima jadi driver. Kalau begitu mah bocah-bocah piyik juga bisa jadi driver ojol. Dan gue juga percaya kok di luar sana masih banyak ojol yang baik, sopan, nggak arogan di jalan. arena gue juga sering nemuin. Contohnya ketika gue lagi mau nyebrang dan ga ada satu orangpun yang kasih gue jalan abang ojol lah yang bantu nyebrangin, dan gue pernah ketemu ojol yang mungut sampah dari mobil di jalanan, bahkan di kampus gue waktu itu ada satu ojol masuk kampus mungkin habis nganter barang, itu dia bantu ngasih makan kucing-kucing stray di kampus gue, dia bawa whiskas cair 1 kantong plastik gede, ada kali isinya 10 whiskas. Jadi tolonglah untuk driver-driver ojol yang arogan ini apa susahnya sih taati rambu lalu lintas? Kalau cust minta buru-buru ya nggak nerobos lampu merah atau ngelawan arus juga kali, hoki ketemunya gue coba kalau mobil. Kelar lo. Terus untuk para cust juga nih pahamin kondisi di jalanan, ojol itu pake kendaraan sama pada umumnya roda 2 sama roda 4, bukannya pesawat terbang. Kalau mau cepet naik karpet terbangnya Aladdin aja. Segitu aja keluh kesah gue, gue berharap nggak nemuin lagi deh driver ojol yang arogan macem ini di jalan. Wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar