Jangan Cintai Aku Apa Adanya

“Akhirnya bisa istirahat juga.”

“Iya ya sob, nggak capek apa itu kakak mentor ngomong mulu.”

“Hahaha ya maklum lah namanya juga masih penerimaan mahasiswa baru. Eh mba, kak, aduh siapa sih..” Kata Aji sambil memungut sapu tangan yang terjatuh, lalu ia pun mengejar wanita itu.

“Kak, mba. Ini sapu tangannya jatuh tadi disana.” Kata Aji sambil memberi sapu tangan wanita itu.

“Eh iya aduh makasih ya. Lho kamu mahasiswa baru juga?” Tanya wanita itu.

“Iya, saya mahasiswa baru juga disini, lho kamu juga ya?” Kata Aji.

“Iya aku juga mahasiwi baru disini, jangan panggil kak atau mba lagi ya.” Katanya meledek sembari tersenyum kecil.

“Hehe ya kan tadi saya nggak tahu kirain kakak mentor. Oh iya saya Aji Pangestu. Biasa dipanggil Aji.” Kata Aji sambil mengulurkan tangannya.

“Iya nggak apa-apa kok, aku Sinka Juliani. Biasa dipanggil Sinka.” Jawab Sinka sambil mengulurkan tangannya juga untuk berjabat tangan.


          Di situlah keduanya mulai saling kenal. Mereka mulai berteman akrab, dan kebetulan juga mereka mengambil jurusan yang sama di kampus tersebut. Semester demi semester sudah mereka lewati, sampai pada akhirnya mereka menjalin sebuah hubungan di semester 5. Tidak disangka ternyata mereka pasangan yang cocok, sama-sama saling menyayangi. Hubungan mereka pun terus berlanjut tanpa adanya halangan apapun. Sampai akhirnya di semster 7.

“Ji gimana sama Sinka? Awet?” Tanya Ryan, salah satu sahabat Aji sejak duduk di bangku penerimaan mahasiswa baru.

“Yaa alhamdulillah awet, Yan.” Jawab Aji.

“Tapi kenapa muka lo kusut begitu? Ada masalah? Tumben lo berdua ada masalah.” Tanya Ryan.

“Sebenernya ini masalah bukan masalah gue sama Sinka, cuman menyangkut Sinka.” Kata Aji.

“Hah? Maksudnya?”

“Iya jadi gini, gue ngerasa Sinka itu baik banget. Dia nggak pernah marah, dia nggak pernah nyalahin gue, dia selalu bahagia di depan gue, dia nggak pernah ngerasa sedih di depan gue.” Jelas Aji.

“Lho lo gimana sih ya bagus dong kalau dia selalu membawa kebahagiaan di depan lo. Nah ini lo malah ngegerutu.” Kata Ryan.

“Bukannya gitu, yaiya gue seneng kok. Seneng banget malah kalau dia bisa bahagia terus. Tapi apa lo nggak ngerasa kalau dia itu bener-bener mencintai gue apa adanya. Ya itu sih bukan hal yang salah ya tapi kan gue itu mau dia nuntut sesuatu.”

“Duh gue nggak ngerti deh, Ji jalan pikiran lo. Yaudah sekarang intinya mending lo omongin aja apa yang mau lo omongin sama Sinka, jangan dipendem-pendem. Nggak baek. Gue cabut ya.” Kata Ryan sembari berjalan menuju parkiran kampus.

“Yah si kampret gue minta solusi lo malah kabur.”

          Siang itu Aji mengajak Sinka untuk makan berdua di sebuah cafe sembari menyelesaikan masing-masing skripsinya.

“Hai, Ji maaf ya lama nunggu tadi aku habis dari kelas.” Kata Sinka yang baru datang.

“Iya nggak apa-apa kok, Sin aku juga baru datang. Gimana skripsi? Lancar?” Tanya Aji.

“Duh gimana ya. Aku bingung masa, aku ngestuck di revisi yang bagian ini.” Kata Sinka sambil menunjukkan papernya.

“Ohh kalau inisih gampang, aku bisa kok benerinnya.” Kata Aji yang sok tahu membenarkan paper Sinka.

“Oh iya paper kamu gimana, Ji?”

“Bab 1 sih udah selesai ini, cuman belum tahu masih revisi atau nggak soalnya dosen pembimbing aku belum ketemu lagi.” Kata Aji.

“Aku liat ya.” Kata Sinka sambil melihat paper Aji.
“Wah ini sih udah bagus banget, ngerjain sendiri ini kamu?” Kata Sinka.

“Lho yaiya dong, kamu tahu sendiri 2 malam kemarin aku nggak tidur gara-gara paper ini hahaha nih paper kamu udah aku revisi, kayaknya sih segini aja revisinya.” Kata Aji.

“Waah makasih ya, Ji. Udah bener banget ini menurutku.”

          Keesokan harinya mereka berdua pun bertemu dosen pembimbing masing-masing untuk menanyakan revisi dari paper mereka.
“Ji, gimana paper kamu?” Tanya Sinka.

“Yaa begitulah, banyak revisinya ternyata haha. Eh revisi kamu yang kemarin aku benerin gimana?” Tanya Aji balik.

“Hehehe sama, masih harus revisi lagi.” Kata Sinka cengengesan.

“Aduh hehe maaf ya ternyata masih harus revisi lagi.” Kata Aji merasa malu ternyata revisinya salah.

“Ehh nggak apa-apa, Ji menurutku ini udah bagus loh revisinya tinggal aku benerin sedikit aja ini.” Kata Sinka.

          Sinka yang selalu memuji karya tangan Aji walaupun tak jarang karya tangannya bisa dibilang payah. Sinka memang sangat menyayangi Aji, ia tak pernah menyalahkan hasil tangan Aji apapun hasilnya.

          Di siang minggu berikutnya Aji kembali mengajak Sinka untuk makan bersama di sebuah cafe yang sama.

“Ada apa, Ji? Kok tumben ngajak aku nemenin kamu bikin skripsi sekalian nemenin makan.” Tanya Sinka.

“Nggak apa-apa, Sin cuman mau ditemenin aja biar ada inspirasi dikit hehe. Kamu nggak mesen?” Kata Aji.

“Nanti ah, tadi aku udah makan juga kok sama temen di belakang kampus.”

“Ohh yaudah bentar ya aku ngerjain skripsi ku dulu.”

“Iyaa aku juga mau nyicil skripsi ku nih masih bab 2.”

          Mereka pun saling mengerjakan skripsi mereka masing-masing di cafe tersebut, rencana Aji berjalan lancar. Dan tiba-tiba ada sebuah kejadian.

“Ah! Aduh. Maaf-maaf, Sin aduh paper kamu jadi basah semua deh kena tumpah minuman aku.” Kata Aji yang dengan sengaja menumpahkan minuman.

“Ehh iya-iya, Ji nggak apa-apa kok.” Kata Sinka sambil membersihkan tangannya.

“Yah, Sin gimana dong ini biar nanti aku yang ngerjain appernya aja ya. Aduh maaf banget ya, Sin.” Kata Aji.

“Udah-udah kamu tenang, aku punya temen juga kok yang bisa ngerjain paper aku, lagipula aku ada softcopy-nya kok sebagian di pc paling tinggal tambahin dikit, jadi kamu tenang aja ya. Udah kamu nggak perlu minta maaf sampe segitunya.” Kata Sinka sambil tersenyum manis.

          Tibalah hari Sabtu, dimana Aji mengajak Sinka untuk menonton bioskop malam ini di sebuah mall. Aji menyuruh Sinka untuk datang duluan dan Aji menyusul karena Aji harus membantu ibunya dulu.

“Ji, aku udah sampai ya, dan aku juga udah beli tiket untuk kita berdua. Filmnya mulai jam 20.30 ya.” Kata Sinka memberitahu lewat pesan singkat.

“Oke, Sin aku siap-siap dulu ya aku udah selesai bantuin ibu. Tunggu ya.”

          Saat di tengah perjalanan tiba-tiba saja motor Aji ban nya kempes.

“Alah kampret pake nginjek ranjau lagi, mana jauh lagi tambal ban. Yailah disini juga provider gue nggak ada sinyal lagi.”

          Aji pun menuntun motornya menuju tambal ban dan sesegera mungkin menambalkan ban nya.

“Mas masih lama ya?” Tanya Aji sambil melihat jam yang sudah menunjukkan pukul 20.00.

“Lumayan mas. Bocornya dalem nih, stock ban dalem kita juga kayaknya abis deh harus ngambil di toko sebelah dulu.”

“Aduh yaudah deh mas kalau bisa cepet ya.”

          Sementara itu Sinka masih menunggu Aji di dalam gedung bisokop. Sinka mencoba menghubungi Aji namun memang provider Aji yang tidak ada sinyal jadi Sinka tidak bisa menghubunginya.

          Jam menunjukkan pukul 20.25 dan motor Aji baru selesai diperbaiki.

“Mas, mas. Motornya udah selesai mas.”

“Aduh mampus gue ketiduran, berapa mas?” Kata Aji yang panik karena sempat ketiduran menunggu motornya benar.

“25 ribu aja mas.”

“Nih mas ambil kembaliannya.” Kata Aji langsung mengendarai motornya menuju mall.

          Sesampainya di mall Aji langsung parkir motor dan berlari menuju gedung bioskop. Ia melihat Sinka sedang duduk menunggu.

“Sih aduh huh. Maaf ya, ban aku bocor nambalnya lama banget. Ayo kita nonton.” Kata Aji sambil menarik tangan Sinka.

“Aji, liat dulu jam kamu ini jam berapa.” Kata Sinka.

“Waduh gila udah jam 20.50 udah ketinggalan banyak inisih jalan ceritanya.” Kata Aji.

“Hahaha yaudah kamu tetep jadi mau nonton? Mending kita makan aja yuk.” Kata Sinka.

“Lho, Sin? Kamu nggak marah?” Tanya Aji.

“Kenapa harus marah? Perihal tiket? Uang tiket ini terserah kamu mau diganti kapan, nggak diganti pun aku nggak minta. Yaudah yuk makan, aku laper.” Kata Sinka sambil menarik tangan Aji.

          Mereka pun sampai di sebuah restoran, dan akhirnya mereka pun makan di restoran tersebut dan tidak jadi nonton.

“Aduh, Sin. Maaf ya gara-gara aku kita nggak jadi nonton deh.” Kata Aji.

“Udah, Ji nggak usah dipikirin. Nonton mah gampang, kapan-kapan kan juga bisa lagi. Udah sekarang kamu makan aja ya.” Jawab Sinka sambil tersenyum manis.

          Seperti biasa, Sinka tidak pernah menyalahkan Aji atas kejadian-kejadian tersebut. Ia malah sebaliknya, yakni menenangkan Aji. Mereka pun pulang berdua mengendarai motor Aji.

          Di tengah perjalanan ternyata hujan mengguyur sangat deras, karena jas hujan hanya satu akhirnya Aji memutuskan untuk berteeduh terlebih dahulu.

“Yah, Sin ujan. Kejebak deh kita disini, maaf ya pulangnya jadi telat deh.” Kata Aji.

“Nggak apa-apa kok, Ji aku udah bilang sama kakak sama mama, dan kata mama juga neduh dulu aja hehe.”

          Lagi Sinka tak pernah marah dengan kejadian yang sengaja atau tidak disengaja terjadi kepada mereka berdua.

          Pukul 22.00 mereka pun akhirnya sampai di rumah Sinka.

“Ji kamu nggak masuk dulu?”

“Ah nggak, Sin nggak enak udah malam.”

“Eh nak Aji, sini ayo masuk dulu. Nggak kehujanan kan tadi?” Tanya ibunda Sinka yang keluar karena mendengar suara motor Aji.

“Eh tante, nggak kehujanan kok tante tadi kita neduh dulu. Maaf ya pulangnya jadi telat. Saya juga langsung pulang aja tante udah malam nggak enak sama tante hehe.”
“Ohh yasudah hati-hati ya, Aji.”

“Iya tante, assalamualaikum tante. Sin aku pulang ya.”

“Iya waalaikumsalam, hati-hati, Ji.”

          Pukul 22.30 Aji pun sampai di rumah, dan langsung menghubungi sahabatnya, Ryan.

“Halo? Yan? Ah parah dah asli.” Kata Aji.

“Lah kenape lo tau-tau telpon gue, udah belok lo ye hiiii.”

“Ah elu bercanda aja. Eh, Yan menurut lo apa gue harus bilang langsung aja kali ya sama Sinka soal jangan cintai gue apa adanya, gue tuh mau dia nuntut sesuatu dari gue apaan kek. Gila kebangetan baik tuh anak.”

“Yaudah, kalau menurut gue sih mending lo langsung omongin deh tuh sama Sinka, daripada lo pendem terus kan lo sendiri yang nggak enak.” Kata Ryan.

“Oke deh besok gue bakal ngomong langsung.”

          Keesokan harinya, hari Minggu. Aji mengajak Sinka untuk datang ke sebuah cafe di bilangan Jakarta Pusat.

“Ada apa, Ji? Tumben libura gini kamu ngajak aku ketemu. Biasanya sibuk ngurusin paper.”

“Langsung to the point aja deh. Kamu sayang sama aku?” Tanya Aji.

“Ya sayang lah, Ji. Ada apa emang?”

“Gini, Sin. Kita kan udah 1 tahun 6 bulan ya pacaran, aku tahu kamu sayang banget sama aku, begitu pun aku. Tapi aku minta satu aja dari kamu, boleh?”

“Apa, Ji ?”

“Kamu itu anaknya baik, baiiiiiikkkkk banget. Aku nggak mau kehilangan kamu. Setiap aku salah pasti kamu nggak pernah marah, waktu aku ngotorin paper kamu pakai minuman, waktu aku benerin revisi kamu dan ternyata masih salah, waktu aku telat banget dateng pas mau nonton, waktu kita pulang telat gara-gara aku cuman bawa jas hujan 1. Itu semua kamu nggak pernah marah, justru kamu malah senyum manis...”

“Itu karena aku sayang kamu.” Kata Sinka memotong pembicaraan.

“Aku ngerti, Sin. Tapi tolong, jangan cintai aku apa adanya. Aku mau kamu nuntut sesuatu dari aku, supaya kita bisa jalan ke depan. Supaya kita bisa terus berkembang nantinya. Ya, Sin?” Kata Aji.

          Sinka saat itu hanya tersenyum kecil, tersenyum manis.

“Lho kok malah senyum? Iya nggak?” Tanya Aji.

“Iya, Ji. Aku ngerti kok. Iya aku bakal nuntut sesuatu dari kamu, aku janji. Dan aku juga harus tau diri dengan apa yang aku tuntut.” Kata Sinka.

“Bener ya, janji?”

          Sinka hanya menganggukan kepalanya sambil tersenyum manis.

          Mencintai seseorang apa adanya memang hal yang manis, hal yang diinginkan segelintir orang. Tapi tidak selalu mencintai apa adanya itu baik untuk hubungan dua insan. Terkadang menuntut sesuatu adalah hal yang wajib supaya suatu hubungan bisa berjalan kedepan. Berjalan lurus kedepan, lalu berkembang.


TAMAT

27 Juli 2016
Inspired by:
·         Song: TULUS – Jangan Cintai Aku Apa Adanya
·         Sinka Juliani (@SinkaJ_JKT48)


Created By:
Fitriyanto
Twitter: @Kentun666
IG: @fitriyantoo_

0 komentar:

Posting Komentar